Popular Post

Posted by : Dinii Selasa, 24 Maret 2015


Radar merupakan sebuah alat untuk mendeteksi, mengukur sebuah jarak dan membuat peta pergerakan dari benda benda yang terdeteksi seperti pesawat terbang, berbagai kendaraan bermotor dan juga informasi mengenai cuaca (hujan). Radar juga merupakan alat yang paling berperan penting dalam bidang militer dan juga penerbangan. Yang akan kita bahas pada kesempatan ini adalah Penemu Radar - Robert Watson. Sir Robert Watson-Watt lahir di Brechin, Skotlandia, pada 13 April 1892. Watson lulus kuliah pada tahun 1912, ia ditawari menjadi asisten professor William Peddie yang mempelajari tentang gelombang radio. Pada tahun 1912, Watson menjadi ahli meteorology di Farnborough yang bertugas untuk mengetahui badai yang akan datang supaya dapat memberikan peringatan kepada para pilot.


Sejarah Penemuan Radar
Pada tahun 1924, Watson pindah kerja ke Research Station Radio di Slough, pada tahun 1927 organisasi ini bergabung dengan Laboratorium Nasional Fisika dan Watson di angkat menjadi pengawasnya. Pada tahun 1933, Watson menjadi inspektur departemen radio baru di Laboratorium Nasional Fisika di Teddington. Watson di bantu dengan asistennya yang bernama Arnold, membuat laporan yang berjudul “ The Deteksi dengan Metode Radio” dan disampaikan kepada komite survey ilmiah pertahanan udara yang diketuai oleh Sir Henry Tizard, pada 26 Februari 1935 sidang berlangsung dengan menggunakan gelombang pendek pemancar radio BBCS di Daventry.
Pada 1 September 1936, Watson menjadi inspektur dibawah Kementerian Air. Pada tahun 1939, Watson telah berhasil menghasilkan desain dan instalasi deteksi pesawat, serta memasang rantai stasiun radar di sepanjang timur dan selatan pantai Inggris saat perang terjadi. Sistem tersebut di beri nama “rantai rumah dan rantai rumah bawah” yang memberikan informasi terbaru yang dapat membantu Royal Air Force .

Pada tahun 1940, Watson di bantu Randall, dan Henry yang berasal dari Brimingham University telah menemukan magnetron rongga yang dapat menghasilkan gelombang pendek radio dan memungkinkan rantai rumah untuk dapat mendeteksi pesawat musuh yang masuk dari jarak sangat jauh, sehingga memiliki waktu untuk mempersiapkan serangan.

Selain itu, magnetron tersebut juga memiliki manfaat lain yaitu dapat digunakan untuk memanaskan air dan sekarang magnetron telah digunakan dalam oven maupun microwave sebagai sumber panas. Karena Watson telah menemukan penemuan yang sangat membantu Negara, maka pada tahun 1952 ia mendapatkan penghargaan dan hadiah berupa uang sebesar US$ 50.000 oleh pemerintah. Sedangkan pemerintah Amerika memberikan medali of Merit AS, sebagai tanda atas segala pekerjaan yang di lakukan oleh Watson selama Perang Dunia II.

Penggunaan radar pada Perang Dunia II untuk melacak musuh yang masuk adalah factor terpenting keberhasilan Inggris melawan musuhnya baik pada siang maupun malam hari. Watson telah membuat pengembangan radar pada tanah dan udara menjadi sebuah sistem militer yang sanagt efektif yang pertama di Orfordnes, kemudian di Stasiun Penelitian Bawdsey.

Watson menikah dengan Margaret Robertson pada 20 Juli 1916, namun mereka bercerai. Watson kembali menikah dengan Jean Wilkinson pada 1952, di Kanada. Watson meninggal pada 5 Desember 1973, pada usia 81 tahun, di Inverness, Skotlandia. Demikian penjelasan tentang sejarah penemu radar – Robert Watson.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Learn Is Fun! - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -