Popular Post

Posted by : Dinii Kamis, 25 September 2014

Candi yang dibangun oleh Dinasti Singosari ini berlokasi di Desa Rejokidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Candi bercorak Hindu ini dibangun untuk menghormati Raja Anusapati yang tidak lain adalah putra dari Tunggul Ametung yang tewas dibunuh oleh Tohjaya untuk merebut kekuasaan Kerajaan Singosari. 

Candi Kidal berdiri dengan kokoh di sebuah taman indah yang dikelilingi oleh pohon-pohon rindang. Ngalamers akan bisa merasakan keagungan Kerajaan Singosari jaman dahulu yang dipadu dengan hijaunya lingkungan sekitar saat berkunjung ke candi ini. 

Secara struktural, Candi Kidal terbuat dari batu andesit dengan kaki candi yang lebih tinggi dan ukuran tubuh yang lebih kecil daripada luas kaki serta atap candi. Atapnya yang terdiri atas 3 bagian dulunya merupakan tempat berlian kecil yang tepat diletkakkan di tiap pojok.

Keistimewaan Candi Kidal terletak pada relief Garuda yang yang berisi pesan moral pembebasan dari perbudakan. Candi ini memiliki 3 relief Garuda; Garuda yang menggendong 3 ular besar, Garuda dengan kendi di atas kepalanya, dan Garuda yang menyangga seorang wanita diatasnya. Tepat di atas pintu masuk candi serta bilik-biliknya terdapat kepala kala yang merupakan salah satu aspek Dewa Siwa yang dikenal sebagai penjaga bangunan suci. Menurut para ahli sejarah, Candi Kidal merupakan candi tertua pada periode peninggalan Jawa Timur.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Learn Is Fun! - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -