Popular Post

Posted by : Dinii Rabu, 26 November 2014

Kerjakan yang mudah terlebih dulu
Biasakan mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia biasanya soal-soal yang tidak berkaitan dengan bacaan akan dapat lebih cepat dikerjakan. Tapi bekerjalah dengan teliti, jangan tergesa-gesa. Dengan demikian kita dapat dengan cepat mengerjakan banyak soal dengan rasa percaya diri dan konsentrasi yang masih baik.
Hati-hati dan teliti!! Meskipun mudah, soal-soal pilihan ganda membutuhkan ketelitian, karena di dalamnya sengaja dibuat jebakan atau pengecoh. Kalau tidak teliti kita bisa terkecoh atau terjebak. Untuk soal Bahasa Indonesia, perhatikan baik-baik adakah kata “kecualitidakyang bukan” dan sejenisnya pada soal tersebut. Karena seringkali kita terjebak pada pemikiran mencari yang “benar“, yang termasuk dalam kategori, bukan perkecualiannya.
Sesudah itu barulah mengerjakan soal yang lebih sulit. Walaupun tidak selalu dapat dikatakan sulit, soal-soal yang berkaitan dengan bacaan relatif membutuhkan waktu yang lebih lama serta membutuhkan konsentrasi yang lebih tinggi. Jadi, jangan berlama-lama memikirkan soal yang dianggap sulit, carilah soal yang mudah dan kerjakan dengan cepat.

Perhatikan hal yang ditanyakan soal
Lihat dan cermati baik-baik, apa yang ditanyakan atau yang diminta soal, terutama pada soal yang berkaitan dengan bacaan. Sehingga, ketika kita membaca wacana/bacaan atau mencermati suatu tabel/grafik kita sudah punya tujuan,hendak mencari apa di dalam wacana tersebut. Dengan demikian konsentrasi kita relatif akan tetap terjaga dengan baik, selain itu  bisa hemat waktu.
Langsung dijawab/kerjakan di LJK
Biasakan kerjakan langsung pada LJK, hitamkan pada jawaban yang sesuai. Toh kalau mau mengganti jawaban tinggal hapus saja. Jangan terbiasa hanya menandai jawaban pada lembaran soal terlebih dahulu, baru mengalihkan ke LJK setelah menjawab semua soal. Hal ini akan fatal bila waktu sudah mepet (hampir habis), kita menjadi tergesa-gesa dalam bekerja. Konsentrasi menjadi buyar, tidak fokus, panik. Apalagi kalau kehabisan waktu, wah … kacau deh.
Periksa lagi jawaban
Bila kita sudah selesai dan masih ada sisa waktu, sebaiknya gunakanlah untuk memeriksa kembali isian identitas yakinkan sudah benar, memeriksa kembali jawaban-jawaban. Selebihnya, pasrahkan hasilnya kepada Tuhan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Learn Is Fun! - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -