Popular Post

Posted by : Dinii Rabu, 26 November 2014

Photo: iStockphoto/Microsoft
Berikut informasi tahapan untuk melanjutkan pendidikan tinggi sarjana di Inggris:
A-levelSistem Pendidikan di Inggris menganut perlunya 13 tahun jenjang pendidikan sejak Sekolah Dasar sebelum seseorang dapat mengenyam pendidikan tinggi di universitas. Di Inggris, 2 tahun terakhir sebelum memasuki universitas (kelas 12 dan 13), siswa umumnya mengambil pendidikan persiapan ujian A-level atau Advanced level. Nilai A-level terdiri dari nilai ujian tahun pertama, yaitu AS-level atau Advanced Subsidiary level, dan nilai ujian tahun kedua, yaitu ujian A2. Kedua ujian tersebut masing-masing berbobot 50%. Nilai yang didapat dari A-level kemudian digunakan untuk mendaftarkan diri ke universitas [1].
UCASTerdapat sistem yang dapat mengkonversi nilai A-level sebagai syarat  pendaftaran ke universitas, sistem ini dikenal dengan nama UCAS (The Universities and Colleges Admissions Service). Dalam mengirimkan aplikasi melalui sistem UCAS, siswa dibatasi mengirimkan satu aplikasi dan satu personal statement namun dapat sekaligus mengirimkan ke maksimum 5 universitas pilihan di Inggris [2]. Informasi lebih lanjut mengenai UCAS: http://www.ucas.ac.uk/
Foundation programmeBagi siswa dari Indonesia yang tidak memiliki sertifikat A-level atau berlatar belakang pendidikan umum, yaitu 12 tahun jenjang pendidikan sebelum memasuki pendidikan tinggi, umumnya diperlukan pendidikan tambahan sebelum memasuki program sarjana di Inggris. Salah satu program yang menyediakan persiapan ini dinamakan Foundation Programme. Program Foundation umumnya memerlukan 1 tahun (namun bervariasi tergantung penyedia pendidikan, harap memastikan institusi masing-masing). Beberapa program menyediakan persiapan yang ditujukan untuk memasuki universitas tertentu. Untuk mahasiswa asing, umumnya sekaligus menyediakan pendidikan persiapan kemampuan berbahasa Inggris [2].
Terdapat berbagai institusi yang menyediakan program Foundation di Inggris. Pada lampiran di bawah, kami menyediakan beberapa informasi mengenai institusi yang menyediakan program Foundation sehingga pelajar dari Indonesia bisa mendapat gambaran mengenai rincian program dan biaya yang diperlukan.

Lampiran:

1. Program INTO

INTO merupakan program dari INTO University Partnerships Ltd. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2005 dengan spesialisasi dalam menjalin usaha patungan (joint venture) antar universitas yang tergabung dalam program ini. INTO utamanya menyediakan Foundation Programme untuk mahasiswa asing.
Terdapat 12 universitas saat ini (Sept 2012) yang tergabung dalam program INTO, sebagai berikut:
    1. INTO University of East Anglia
    2. INTO University of Exeter
    3. INTO Newcastle University
    4. INTO Scotland at Glasgow Caledonian University
    5. INTO Manchester
    6. INTO University of East Anglia Newton
    7. INTO Manchester IPW The University of Manchester
    8. INTO City University London
    9. INTO Queen’s University Belfast
    10. INTO UEA London
    11. INTO St George’s – University of London
    12. INTO Manchester IPW Manchester Metropolitan University
Program yang disediakan di tiap universitas tersebut di atas berbeda-beda. INTO menyediakan Foundation Programme di semua 12 universitas rekanannya. Variasi program lainnya adalah: A-levels (di 2 universitas), Diploma (di 7 universitas), Graduate Diploma (di 8 universitas), Undergraduate degrees (di 2 universitas), Postgraduate degrees (di 1 universitas) [3].
List program dan biaya yang diperlukan dalam bentuk tabulasi dapat dilihat pada tautan berikut (khususnya halaman 21):  link (click).

2. What Uni?

Sebuah situs bernama ‘What Uni?’ dapat dijadikan alat bantu untuk mencari universitas-universitas dengan jurusan yang diminati. Berikut pemaparan tentang ‘What Uni?’ yang dikutip dari laman ‘About Whatuni’ [4],
“Whatuni is the alternative online prospectus created by students for the benefit of future students.
It has been created by people who wish they’d had the low-down on what uni life was really like before they made their choices – a quick straw poll showed that not many of us would have changed our minds, but you can never be too informed!
So if you are studying for an undergraduate or postgraduate degree right now, or have graduated within the last few years, help us to help students wanting to go to Uni, by telling them what it’s really like.
It doesn’t matter if you are really enjoying it or can’t wait to leave, its important stuff that future students will want to know about.
If you’re a future student, then read the reviews, talk to other people thinking of the same options as you and ask for more information from the universities that you’re considering. Use the basket to create an easily accessible shortlist.
As you can see, this is a pretty new site (though we’ve received over 3000 student uni reviews in our first 5 months!) and we are always looking for ways to improve Whatuni.com, so if you have any comments (good or bad) please let us know by emailing either of us: editor@whatuni.com. We’d love to hear from you.”
Beberapa informasi relevan yang tersedia antara lain,
  • Detil dari jurusan; meliputi kode UCAS, kualifikasi dari jurusan (misal, B.Eng atau M.Eng), tipe studi (full time/part time), durasi studi, tanggal mulai (bulan-tahun)
  • Persyaratan masuk; berdasarkan nilai-nilai yang diperoleh saat A-level atau foundation programme, setiap jurusan di setiap universitas di UK memiliki passing grade tertentu (misal, bagi yang mengambil A-level, kombinasi nilai dari 3 mata pelajaran yang diambil adalah AAB)
  • Proporsi dari penilaian selama studi (misal, tugas (11%), lab (0%), ujian (89%))
  • Biaya pendidikan
  • Biaya akomodasi milik kampus
  • Lokasi kampus
  • Statistik; meliputi lulusan dengan 2:1 ke atas, mahasiswa yang berhasil melewati tahun pertama, prospek dari dipekerjakan (employability), gaji rata-rata yang diperoleh oleh para lulusan, mata pelajaran yang diambil saat A-level oleh mahasiswa yang memilih jurusan terkait
  • Informasi terkait universitas; meliputi statistik mahasiswa yang belajar di universitas dimana jurusan yang diminati ada (misal, perbandingan antara full time dan part time, mahasiswa lokal dan internasional), prospek lulusan dari universitas terkait (secara umum)
  • Testimoni terkait universitas dari mahasiswa yang masih kuliah dan sudah lulus
Situs ‘What Uni?’ dapat diakses melalui tautan berikut: link (Click). Cukup dengan memasukkan kata kunci dari jurusan yang diminati dan jenjang pendidikan yang akan diambil.

Referensi:

  1. Evans, Cerys. Studying in the UK: A Guide for International Students. Trotman,2011.
  2. DirectGov-UK. AS and A Level. Accessed 25 Sept 2012: link (click).
  3. INTO higher education. Accessed 25 Sept 2012: link(click)Download File PDF
  4. What Uni?. Accessed 12 Jun 2013: link (Click).

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Learn Is Fun! - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -